Toko Pizza Antar Pesanan Gunakan Drone

Editor: Ivan Aditya

AUCKLAND (KRjogja.com) – Teknologi kini semakin canggih saja. Jika sebelumnya drone atau pesawat tanpa awak hanya digunakan untuk kepentingan fotografi atau video, maka kini fungsinya bisa digunakan sebagai alat pengiriman. Domino's Pizza, sebuah perusahaan makanan cepat saji di Selandia Baru yang melakukan pengiriman pizza dengan menggunakan drone. Perusahaan ini bermaksud untuk menjadi perusahaan pertama di dunia yang menggunakan pengiriman melalui udara dengan tujuan untuk lebih menghemat waktu dan uang dalam segi pengirimannya.

Domino’s Pizza melakukan demonstrasinya dengan pengiriman Pizza di daerah Auckland, Selandia Baru dan mengklaim akan menjadi perusahaan pertama yang melakukan pengiriman dengan drone, paling telat tahun ini. Dengan cuaca yang bagus, dan juga poplasi manusia yang hanya sekitar 4,4 juta penduduk, menjadikan Selandia Baru negara pertama yang memungkinkan untuk melakukan rintisan mengenai pengiramn oleh drone ini.

"Kebijakan dan hukum yang ada di negara kami juga memungkinkan untuk mengijinkan hal tersebut, karena ini berarti bahwa negara kami merupakan negara yang ideal untuk melakukan kemajuan di bidang transportasi tersebut," ungkap Menteri Transportasi Selandia Baru yang ditemui di Domino’s Pizza usai demonstrasi.

Domino’s harus melakukan beberapa persiapan untuk mengatasi masalah-masalah yang nantinya akan muncul, beberapa bahaya seperti batas kekuatan dari drone, pergerakan dari kendaraan lainnya atau seperti anak-anak yang sedang bermain di taman bermain. Di Australia sendiri, pengiriman yang dilakukan oleh drone ini akan diberlakukan mulai bulan depan, dengan syarat drone setidaknya harus berada pada jarak 30 meter dari rumah pemesan. (*)

BERITA REKOMENDASI