Tokyo Buktikan China Masuki Perairan Jepang

Editor: Ivan Aditya

TOKYO (KRjogja.com) – Pemerintah Jepang merilis bukti video tindakan kapal-kapal China yang berseliweran di perairan Senkaku. Coast Guard Negeri Sakura menuturkan video itu direkam pada periode waktu 5 Agustus hingga 9 Agustus 2016.

Pada video itu terlihat kapal-kapal pemerintah serta nelayan Negeri Tirai Bambu yang sedang berlayar di wilayah perairan Senkaku. Di rekaman tersebut terlihat juga kapal patroli Coast Guard Jepang yang memerintahkan kapal-kapal milik China tersebut untuk meninggalkan wilayah kedaulatan Negeri Sakura.

Dilaporkan, akhir-akhir ini kapal Pemerintah China memang meningkatkan aktivitasnya di wilayah dekat Senkaku. Namun, semenjak 10 Agustus, aktivitas kapal China di perairan Senkaku mulai berkurang.

Dikabarkan, saat ini kapal-kapal Negeri Tirai Bambu tersebut hanya berlayar di zona tambahan di dekat Senkaku. Kementerian Luar Negeri Jepang sendiri sudah berkali-kali mengajukan protes kepada China terkait masuknya kapal mereka. NHK juga mewartakan patroli Coast Guard Jepang telah ditingkatkan di sekitar Senkaku usai dirilisnya video ini. (*)

BERITA REKOMENDASI