Topan Kammuri Dekati Filipina

Editor: Ivan Aditya

FILIPINA, KRJOGJA.com – Penyelenggaraan SEA Games 2019, di Filipina terancam terganggu setelah topan Kammuri mendekati pantai barat negara tersebut pada Senin (02/12/2019). Sejauh ini, jadwal pertandingan sejumlah cabang olahraga SEA Games sudah terganggu akibat cuaca buruk.

Pertandingan selancar angin dikabarkan dibatalkan, sementara pertandingan cabang olahraga triathlon dimajukan dari jadwal sebelumnya. Panitia SEA Games menuturkan akan menyampaikan perkembangan terbaru terkait jadwal pertandingan selambat-lambatnya pada Senin siang hari ini.

Panitia menegaskan pihaknya juga telah memiliki rencana darurat untuk mengantisipasi jika topan Kammuri mulai menerjang wilayah Manila dan sekitarnya. Panitia menuturkan telah mempersiapkan jika harus melangsungkan pertandingan dan sejumlah acara lainnya di dalam ruangan.

Kammuri diperkirakan membawa curah hujan tinggi dan embusan angin kencang hingga 185 kilometer per jam. Topan tersebut diprediksi akan sampai di bagian timur Filipina pada Senin malam atau Selasa pagi.

Ahli ramalan cuaca bahkan menyebutkan bahwa topan tersebut akan melalui wilayah dekat Ibu Kota Manila, yang menjadi tempat beberapa cabang olahraga SEA Games digelar.

Hingga kini, sebanyak 70 ribu orang telah dievakuasi dari wilayah Bicol yang terletak di sebelah barat Manila. Kammuri diprediksi akan melewati wilayah itu. (*)

 

BERITA REKOMENDASI