Topan Mindulle Landa Jepan

Editor: Ivan Aditya

TOKYO (KRjogja.com) – Topan Mindulle yang disertai hujan deras dan angin kencang menerjang kawasan Tokyo, Senin (22/08/2016). Mindulle yang dalam bahasa Korea berarti bunga randa tapak tersebut, sebenarnya bukan badai yang berkekuatan besar.

Sedikitnya 300 penerbangan di bandara Haneda, Tokyo terpaksa dibatalkan sejak Senin sore setelah badai Mindulle menyerang kawasan ibu kota Jepang tersebut. Sementara bandara Naritia yang kerap dipakai transit untuk penerbangan internasional, sejak sore ditutup sementara karena kecepatan angin di sekitar kawasan bandara sangat tinggi.

Layanan kereta api reguler di seantero Tokyo dan sejumlah layanan kereta api cepat dihentikan sementara sampai badai mereda. Sementara jalur kereta api Yamanote ditutup setelah sebuah pohon jatuh di lintasan tersebut.

Jepang merupakan negara yang sering dilanda topan. Sedikitnya setiap tahun negeri Sakura tersebut diterjang 11 badai. Situasi di negara ini mirip dengan di Filipina yang juga kerap di landa badai. Setidaknya, dalam setahun, negara di Asia Tenggara itu diterjang sekira 20 badai.

Selain Midulle, badai yang juga menerjang Tokyo setiap tahunnya, diantaranya adalah Phanfone. BMG Jepang menyebutkan bahwa badai berkekuatan 216 km/jam ini merupakan topan berbahaya. Sama dengan Midulle, badai Phanfone juga memicu hujan deras. (*)

BERITA REKOMENDASI