Topan Nida Landa Hong Kong

Editor: Ivan Aditya

HONG KONG (KRjogja.com) – Topan Nida yang menyapu Hong Kong pada Selasa (02/08/2016) mengganggu hampir semua aktivitas termasuk ratusan penerbangan. Sementara itu, daerah yang lebih rendah berada dalam peringatan rawan banjir.

Topan besar pertama di Hong Kong tahun 2016 itu tercatat punya berkecepatan lebih dari 100 km per jam dan mendesak pemerintah memberi peringatan hujan deras pada pukul 5.20 waktu setempat.

Pengelola bandara setempat meyatakan, lebih dari 150 penerbangan dibatalkan. Cathay Pacific dan Dragonair bahkan memberitahu bahwa tidak ada pesawat mereka yang beroperasi paling tidak sampai pukul 2 siang.

Ribuan penumpang telantar di bandara. Sekitar 325 penerbangan direncanakan akan dijadwalkan ulang. Kapal feri, trem, dan layanan bus di kota tersebut secara dioperasikan perlahan setelah pihak Observatorium Hong Kong menurunkan skala peringatan topan dari 8 ke 3.

Bandara di bagian selatan Provinsi Guangzhou, termasuk Shenzhen dan Zhuhai, membatalkan hampir semua penerbangan. Lebih dari 35.000 orang dievakuasi. (*)

BERITA REKOMENDASI