Totalitas Petugas Terminal Hijrah

Editor: Ivan Aditya

MADINAH, KRJOGA.com – Komitmen dalam pekerjaan menjadi kata kunci seluruh personil Sektor Bir Ali Hijrah dalam melaksanakan tugas sebagai anggota PPIH Arab Saudi 2019. Bagaimana tidak, dalam kesehariannya mereka harus bergelut dengan aktivitas di bawah panas terik matahari yang seringkali mencapai 44 derajat celcius saat tengah hari.

Diawali saat berposisi sebagai Sektor Bir Ali ketika jemaah haji gelombang I bergeser dari Madinah ke Makkah. Mereka yang bertugas memastikan bus berhenti di Bir Ali sehingga seluruh jemaah telah berihram dan mengambil miqat umrah dari tempat tersebut.

Usai puncak Armuzna, giliran jemaah gelombang II yang bergerak dari Makkah ke Madinah. Posisi Sektor Bir Ali menjadi Sektor Terminal Hijrah. Di tempat tersebut, seluruh bus yang mengangkut jemaah dari seluruh negara akan singgah. Tugas personil Terminal Hijrah mencatat bus yang membawa jemaah Indonesia serta memastikan waktu kedatangannya.

"Misal dari Makkah berangkat kloter berapa jam berapa. Nanti sampai hijrah jam berapa, jumlah busnya lengkap tidak. Saat di hijrah ini ada guide yang akan naik untuk menunjukkan hotel mereka. Selain itu paspor jemaah juga dikumpulkan ke pihak Muassasah Aldila selama mereka di Madinah dan dikembalikan saat jemaah akan pulang ke tanah air," jelas Kasektor Bir Ali/Hijrah Sahbuddin, Senin (26/08/2019).

Sedang Dirjen PHU Kemenag RI Nizar Ali yang mengunjungi langsung Terminal Hijrah didampingi Direktur Bina Haji Kemenag RI Khoirizi H Dasir dan Kadaker Madinah Akhmad Jauhari menegaskan, meski hanya mengontrol bus yang datang, tapi komitmen kerja personil Sektor Terminal Hijrah sungguh luar biasa. Mereka yang memastikan di garda depan bahwa bus dan jemaah yang diberangkatkan dari Makkah ke Madinah telah lengkap.

"Kalau ada keterlambatan, mereka yang bisa mengontrol. Totalitas personil ini luar biasa karena mereka bekerja tanpa tempat berteduh," ucap Nizar. (Feb)

BERITA REKOMENDASI