Trump Akan Kerahkan Tentara ke Perbatasan Meksiko

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Presiden Donald Trump berencana mengerahkan militer ke perbatasan Amerika Serikat dan Meksiko untuk membendung gelombang imigran ilegal sementara rencana pembangunan tembok masih terus digodok.

"Sampai kita memiliki tembok dan keamanan yang memadai, kita harus mengamankan perbatasan kita dengan militer," ujar Trump.

Tak lama setelah Trump berbicara di hadapan wartawan, Gedung Putih langsung merilis pernyataan bahwa salah satu strategi pemerintah untuk mengamankan perbatasan dengan Meksiko adalah dengan mengerahkan tentara nasional. Pernyataan ini dirilis setelah Trump bertemu dengan Menteri Pertahanan AS, James Mattis, dan Jaksa Agung, Jeff Sessions, di Gedung Putih.

Rencana pengerahan militer ini menimbuilkan tanda tanya karena berdasarkan undang-undang, tentara dan ranting militer lain tak boleh ikut serta dalam upaya penegakan hukum sipil di tanah AS kecuali mendapatkan izin dari Kongres.

Presiden AS sebelumnya, seperti George W. Bush dan Barack Obama, memang pernah mengerahkan militer ke perbatasan, tapi hanya untuk menghimpun data intelijen, tak berkaitan dengan penegakan hukum. (*)

BERITA REKOMENDASI