Trump Ancam China

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memberikan peringatan kepada China untuk segera menyelesaikan negosiasi perdagangan keduanya. Negosiasi itu dalam rangka mengakhiri perang dagang antara dua perekonomian terbesar dunia ini.

Trump mengancam jika ia memenangkan kembali pemilihan presiden (pilpres) AS pada 2020, tawaran AS dalam kesepakatan akan lebih buruk dari yang dirundingkan saat ini. Bahkan, bisa jadi tidak ada kesepakatan sama sekali.

"Masalah jika mereka (China) menunggu adalah apabila dan saat saya menang, kesepakatan yang mereka dapatkan akan jauh lebih keras dari yang sedang kami negosiasikan sekarang atau tidak ada kesepakatan sama sekali. Kami punya semua kartu, pemimpin sebelumnya tidak pernah memilikinya, " ujar Trump.

Pekan ini, AS dan China kembali menggelar negosiasi dagang. Namun, Trump menuding China selalu mengubah kesepakatan di akhir demi keuntungan Negara Tirai Bambu itu.

Trump menduga China akan menunggu pelaksanaan Pilpres AS pada 2020 mendatang dan berharap pada kemenangan kandidat Partai Demokrat, salah satunya Joe Biden atau yang dipanggilnya 'Sleepy Joe'.

Jika Demokrat menang, Trump bilang China akan mendapatkan kesepakatan yang diinginkan, seperti 30 tahun terakhir, dan akan terus mencurangi AS. Trump juga mengatakan kinerja perekonomian China sangat buruk, terburuk dalam 27 tahun terakhir. Menurut Trump, China seharusnya mulai membeli produk pertanian AS meskipun tidak ada tanda-tanda China melakukannya. (*)

BERITA REKOMENDASI