Trump Ancam Kerahkan Kekuatan Militer

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Presiden Donald Trump kembali mengeluarkan peringatan bagi Korea Utara pada Selasa waktu setempat (26/09/2017), mengatakan Amerika Serikat siap menggunakan langkah militer jika diperlukan. Berbicara di samping Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy, Trump menegaskan bahwa AS benar-benar siap jika harus menggunakan opsi militer dan itu akan menghancurkan Korut.

"Jika kami mengambil opsi itu maka itu akan menghancurkan–menghancurkan–Korea Utara," kata Trump.

Ancaman itu dilontarkan setelah dua sumber mengatakan kepada CNN bahwa Korut memindahkan sejumlah jet tempur, tangki bahan bakar eksternal dan peluru kendali udara-ke-udara ke pesisir timur untuk menggenjot kesiapan militer.

Langkah itu terlihat pada citra satelit Amerika Serikat dan dianggap AS sebagai upaya Korut menggenjot kesiapan militernya di sektor timur. Pengerahan ini memungkinkan pesawat untuk terbang ke arah timur lebih jauh dari biasanya.

Gambar yang diperoleh sejauh ini menunjukkan pesawat Mig-29 di bandara yang berada di pesisir timur Korut. Sejumlah rudal dan tangki bahan bakar ada pada pesawat itu, tapi untuk saat ini, tidak ada satu pun jet yang dipasangkan kedua peralatan itu sekaligus. (*)

BERITA REKOMENDASI