Trump Ancam Tutup Perbatasan Amerika – Meksiko

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengancam untuk menutup seluruh perbatasan AS-Meksiko jika Kongres tidak menyetujui anggaran untuk membangun tembok perbatasan senilai miliaran dolar.

Dalam serangkaian cuitan Trump pada akun Twitter-nya, ia menyebut alternatif dari tak adanya tembok perbatasan adalah pemisahan total dari Meksiko, termasuk membuat perusahaan mobil AS menarik keluar pabrik mereka.

Ancaman ini sekali lagi menaikkan taruhan dalam pertikaian politik yang telah menyebabkan penutupan sebagian pemerintah AS dan tampaknya akan mendominasi isu politik awal tahun ketiga kepresidenan Trump.

"Kami akan paksa untuk menutup Perbatasan Selatan sepenuhnya jika Demokrat tidak memberi uang untuk menyelesaikan tembok perbatasan dan mengubah undang-undang imigrasi yang konyol," tulis Trump.

Dengan penutupan perbatasan, Trump mengatakan akan membawa hubungan AS-Meksiko kembali ke hari-hari sebelum perjanjian NAFTA membuka perdagangan bebas di Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat. "Ini akan membawa industri mobil kami kembali ke Amerika Serikat," katanya.

Trump tidak menyebutkan perjanjian perdagangan bebas baru, yang dikenal sebagai USMCA, yang baru-baru ini ia tandatangani dengan dua negara tetangga untuk menggantikan NAFTA dan yang telah berulang kali dipuji sebagai dorongan besar bagi perdagangan Amerika.

Trump menginginkan anggaran US$ 5 miliar guna membangun tembok sepanjang lebih dari 2.000 mil pada perbatasan AS, yang menurutnya saat ini terlalu keropos untuk menghentikan imigrasi ilegal dan menjadi magnet bagi para penjahat, narkoba, dan bahkan teroris. (*)

BERITA REKOMENDASI