Trump Berharap Sikaop Kim Jong-un Berubah

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping sama-sama berharap ada perubahan perilaku dari Korea Utara setelah negara tersebut melakukan kesepakatan dengan Korea Selatan untuk meredakan ketegangan militer yang terjadi sepanjang 2017 lalu.

Harapan itu saat Trump dan Xi Jinping melakukan pembicaraan via telepon pada Selasa (16/01/2018). Pihak Gedung Putih menyatakan, dimulainya kembali dialog antara Korea Utara dan Korea Selatan dapat mendorong perubahan dalam perilaku destruktif Pyongyang.

“Trump juga berkomitmen untuk mendukung kampanye tekanan global yang dipimpin Amerika Serikat untuk menekan Korea Utara agar melakukan denuklirisasi," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.

Sebelumnya Korea Selatan dan Korea Utara sepakat untuk meredakan ketegangan dan membuka kembali dialog antar-militer. Hal tersebut tercapai seusai pertemuan langsung untuk pertama kalinya selama dua tahun terakhir di Desa Panmunjom, wilayah zona demilitarisasi (DMZ), pada Selasa (09/01/2018).

Dalam pertemuan bersejarah itu, Seoul dan Pyongyang setuju meredakan ketegangan militer yang sempat memanas sepanjang 2017 lalu. "Korea Utara dan Selatan memutuskan untuk bersama-sama mengupayakan rekonsiliasi dan menyatukan warga dengan menciptakan perdamaian dan meredakan ketegangan militer di Semenanjung Korea," bunyi pernyataan bersama tersebut. (*)

BERITA REKOMENDASI