Trump Bertemu Xi Jinping November Mendatang

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Presiden Amerika Serikat Donald Trump dijadwalkan akan bertemu dengan sejumlah pemimpin Asia, di antaranya Presiden China Xi Jinping dan Presiden Filipina Rodrigo Duterte dalam lawatannya ke regional tersebut November nanti. Selain China dan Filipina, Trump juga dijadwalkan bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Presiden Vietnam Tran Dai Quang.

Gedung Putih mengumumkan Trump bakal mengadakan kunjungan resmi ke sejumlah negara di Asia, yaitu Jepang, Korea Selatan, China, Vietnam, Filipina, pada 3 hingga 24 November nanti. Kunjungan Trump ke Asia ini dilakukan di tengah tingginya ketegangan soal program nuklir dan rudal Korea Utara.

Dalam pernyataan resmi Gedung Putih, pada 5 November nanti, Trump dijadwalkan akan berada di Jepang dan bertemu dengan Perdana Menteri Shinzo Abe. Selain itu ia akan dipertemukan dengan warga negara Jepang yang pernah diculik oleh Korea Utara.

Sedangkan pada 7 November, Trump dijadwalkan akan mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Moon Jae-in dan berbicara di Majelis Nasional Korea Selatan. Selama kunjungannya, Trump akan menekankan komitmen terhadap hubungan baik dan kerjasama Amerika Serikat dengan negara Asia. (*)

BERITA REKOMENDASI