Trump Cabut Kebijakan Soal Kuba

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Presiden Amerika Serikat Donald Trump memerintahkan pengetatan bagi warga Amerika Serikat untuk berwisata ke Kuba serta larangan melakukan perdagangan dengan militer Kuba. Donald Trump mengatakan dia membatalkan apa yang disebutnya sebagai kesepakatan buruk dan menyesatkan yang sebelumnya ditetapkan Barack Obama.

Sambil meletakkan kebijakan yang baru menyangkut Kuba saat menyampaikan pidato di Miami, Donald Trump menandatangani keputusan presiden. Keputusan itu mencabut terobosan-terobosan bersejarah yang dilakukan Obama menyangkut Kuba.

Sebelumnya, Amerika Serikat dan negara komunis itu, yang merupakan musuh saat Perang Dingin, membuat terobosan diplomatik pada 2014. Akan tetapi, Donald Trump masih menyisakan beberapa kebijakan Obama untuk tetap dijalankan yaitu keberadaan kedutaan besar Amerika Serikat yang baru dibuka kembali di Havana.

Donald Trump berupaya memperlihatkan bahwa ia menjalankan janjinya saat kampanye untuk mengambil garis yang lebih tegas terhadap Kuba terutama terkait catatan penegakan hak-hak asasi manusia pemerintahan negara di Karibia tersebut. (*)

BERITA REKOMENDASI