Trump Cabut Sanksi Perusahaan Rusia, Ini Sebabnya

 

WASHINGTON, KRJOGJA.com — Pemerintahan Amerika Serikat (AS)  telah mencabut sanksi-sanksi atas perusahaan-perusahaan Rusia yang terkait dengan sosok berpengaruh Oleg Deripaska, meskipun ada dorongan dari Demokrat untuk tetap mempertahankan sanksi itu.

Kubu Demokrat dan beberapa tokoh Republik pernah berargumen bahwa perusahaan-perusahaan yang dipertanyakan itu, raksasa alumunium Rusia Rusal, perusahaan induknya En+ Group, dan perusahaan energi JSC EuroSibEnergo, ada di bawah kontrol Deripaska.

Tapi Departemen Keuangan AS hari Minggu mengatakan bahwa perusahaan-perusahaan itu telah mengurangi kepemilikan saham langsung dan tidak langsung Deripaska dan memutus kontrolnya.

Dikatakan langkah itu menjamin agar sebagian besar direktur yang duduk dalam direksi En+ dan Rusal adalah direktur independen, termasuk warga AS dan Eropa, tanpa ikatan dengan Deripaska.

Namun Depkeu masih tetap mempertahankan beberapa sanksi personal terhadap Deripaska.

Para pendukung sanksi-sanksi itu pernah berargumen bahwa meskipun kepemilikannya dikurangi, Deripasaka seorang sekutu dekat Presiden Vladimir Putin, akan tetap mengendalikan perusahaan-perusahaan itu. (*)

BERITA REKOMENDASI