Trump dan Kim Jong-un Bakal Bertemu di Singapura

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Presiden Amerika Serikat Donald Trump menepis anggapan bahwa pertemuannya dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un akan berlangsung di DMZ.

"Saya tidak akan berada di DMZ," kata Trump.

Trump menyatakan dia bakal mengumumkan lokasi pertemuan 'dalam beberapa hari'. Dengan DMZ tidak lagi diperhitungkan, Singapura tampak menjadi tempat yang bakal dipilih sebagai lokasi pertemuan bersejarah antara Korea Utara dan Amerika Serikat.

Para pejabat menyebut Singapura sebagai tempat yang netral dan relatif dekat jaraknya dari Korea Utara. Pernyataan Trump dilontarkan setelah Menteri Luar Negeri As Mike Pompeo meninggalkan Korea Utara bersama tiga warga AS yang ditahan di sana.

Selama kunjungannya, Pompeo juga menyelesaikan detail persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) AS-Korut. Trump juga menyatakan optimismenya atas prospek kesepakatan denuklirisasi, meski menyampaikan bahwa segalanya masih bisa gagal. "Banyak hal-hal baik bisa terjadi, dan banyak hal buruk juga bisa terjadi," kata Trump.

Sebelumnya Trump sempat menyebut bahwa DMZ tampak cocok sebagai tempat pertemuannya dengan Kim Jong-un, mengingat keberhasilan KTT Inter-Korea antara Moon Jae-in dengan pemimpin Korea Utara itu. Namun orang-orang terdekat Trump memperingatkan bahwa hal itu sama seperti membawanya ke depan pintu Kim Jong-un. (*)

BERITA REKOMENDASI