Trump Dinilai Tak Mengerti Konflik Israel – Palestina

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Mantam pejabat senior di Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat, Robert Danin, menganggap Presiden Donald Trump tak cukup menegerti konflik Palestina-Israel.

Komentar itu diutarakan Danin menyusul janji Trump yang dengan mudah menyatakan AS akan menjadi mediator sekaligus fasilitator untuk menengahi konflik berkepanjangan itu kepada Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Gedung Putih pada Rabu (03/05/2017).

Menurut Danin, yang kini menjadi salah satu anggota di Council on Foreign Relations, situasi konflik Palestina-Israel saat ini lebih rumit dari apa yang sejauh ini Trump mengerti. "Pernyataan itu benar-benar sangat minim penjelasan mengenai bagaimana dan seperti apa jalan ke depan (penyelesaian konflik ini)," tutur Danin.

Pertemuan Abbas dan Trump kemarin diharapkan bisa menemukan titik cerah bagi solusi konflik di Timur Tengah, khususnya konflik Isrel-Palestina yang telah berlangsung puluhan tahun lamanya. Masalah Israel-Palestina selama ini kerap menjadi ganjalan pemerintah AS. Namun, di depan Abbas, Trump menyatakan siap untuk menerima tantangan permainan itu. (*)

BERITA REKOMENDASI