Trump Kecewa Penjelasan Saudi soal Tewasnya Khashoggi

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mengaku tak puas dengan penjelasan Arab Saudi terkait kematian jurnalis, Jamal Khashoggi. Awalnya, Trump ditanya mengenai keyakinannya atas penjelasan Riyadh terkait kematian Khashoggi di dalam gedung konsulat Arab Saudi di Istanbul pada 2 Oktober lalu.

Menjawab pertanyaan itu, Trump hanya berkata, "Kita akan tahu secepatnya. Saya akan tahu secepatnya karena ada tim hebat saya di Turki sekarang dan satu kelompok hebat lainnya di Arab Saudi. Mereka akan kembali malam ini dan besok. Saya akan tahu segera, dan saya tidak puas atas apa yang sudah saya dengar."

Pernyataan ini dianggap memperkuat indikasi perubahan sikap Trump atas Saudi. Sebelumnya, Trump terkesan membela Saudi dengan menerapkan asas praduga tak bersalah ketika Turki sudah mengindikasikan Khashoggi tewas di dalam konsulat Saudi.

Sejumlah aparat Turki bahkan membeberkan dugaan Khashoggi dimutilasi oleh tim yang dikirim langsung oleh Putra Mahkota Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman. (*)

BERITA REKOMENDASI