Trump Keluarkan Hak Veto

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Presiden Amerika Serikat Donald Trump memveto RUU kebijakan pertahanan nasional. Trump mengeluhkan Undang-undang Otorisasi Pertahanan Nasional itu justru membantu Rusia dan China.

Dia juga keberatan dengan ketentuan mengganti nama pangkalan militer. Trump telah menyerukan untuk menghapus bahasa yang memungkinkan untuk penggantian nama pangkalan militer seperti Fort Benning dan Fort Hood.

“RUU Pertahanan gagal memasukkan langkah-langkah keamanan nasional yang kritis, termasuk ketentuan yang gagal menghormati para veteran kami dan sejarah militer kami, dan bertentangan dengan upaya oleh Pemerintahan saya untuk menempatkan America First dalam tindakan keamanan nasional dan kebijakan luar negeri kami,” kata Trump.

Trump sebelumnya telah mengancam akan memveto jika Pasal 230 Undang-undang Otorisasi Pertahanan Nasional itu tidak dicabut.

Dia menyebut pasal itu melindungi perusahaan media sosial agar tidak bertanggung jawab atas apa yang diunggah di situs web mereka, baik oleh mereka atau pihak ketiga. RUU itu juga menegaskan kenaikan gaji 3 persen untuk pasukan AS dan mengesahkan lebih dari US$740 miliar dalam program dan konstruksi militer. (*)

BERITA REKOMENDASI