Trump Larang Pelajar Asing Tinggal di Amerika

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Pemerintahan Presiden Donald Trump melarang pelajar asing tetap tinggal di Amerika Serikat jika semua kelas di perguruan tinggi dilangsungkan secara daring atau online karena pandemi virus corona (Covid-19).

“Bagi siswa aktif F-1 dan M-1 non-migran yang saat ini berada di AS dan terdaftar dalam program (kuliah online) tersebut harus meninggalkan negara ini atau mengambil tindakan lain seperti pindah sekolah/kampus dengan sistem mengajar langsung agar tetap berstatus legal menurut hukum keimigrasian,” bunyi pernyataan Departemen Imigrasi dan Bea Cukai AS (ICE).

ICE menuturkan jika tidak mengindahkan aturan tersebut, para siswa asing berisiko menerima sanksi imigrasi hingga deportasi. ICE juga mengatakan Kementerian Luar Negeri AS tidak akan mengeluarkan visa bagi siswa asing yang terdaftar di sekolah-sekolah atau kampus dengan program kelas online untuk semester musim gugur ini.

ICE menuturkan pihak imigrasi AS juga tidak akan mengizinkan siswa-siswa asing tersebut memasuki Negeri Paman Sam. Kebijakan ini sontak memicu kecaman dari publik dan oposisi pemerintahan Trump.

Senator Partai Demokrat Bernie Sanders menganggap aturan ini semakin mencerminkan kekejaman Gedung Putih. (*)

BERITA REKOMENDASI