Trump Matangkan Pertemuan Kedua dengan Kim Jong-un

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Presiden Donald Trump membanggakan hubungannya dengan pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un, yang selalu berkirim surat. Hubungan Trump dan Kim memang kian erat setelah keduanya bertemu untuk pertama kalinya di Singapura pada 12 Juni lalu. Mereka bahkan tengah merencanakan pertemuan kedua.

"Saya dulu bersikap keras, dia juga. Kami saling balas. Lalu kami jatuh cinta, oke? Sungguh. Ia menuliskan saya surat yang indah, dan surat-surat itu sangat bagus," ujar Trump dalam kampanye di akhir pekan lalu.

Salah satu isu utama dalam pertemuan itu adalah kesepakatan perlucutan senjata nuklir di Semenanjung Korea.  Di sela sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pekan lalu, Trump mengaku menerima surat "luar biasa" dari Kim yang bernada optimistis terkait pertemuan kedua mereka.

Dalam pidatonya di hadapan sidang Majelis Umum PBB, Trump sangat optimistis dengan prospek denuklirisasi di Semenanjung Korut. Dia juga menegaskan bahwa AS akan tetap menerapkan sanksi atas Korut hingga denuklirisasi benar-benar terjadi. (*)

BERITA REKOMENDASI