Trump Minta Jaksa Selidiki Clinton Foundation

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA (KRjogja.com) – Calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik, Donald Trump, mendesak Dapartemen Kehakiman untuk menunjuk seorang jaksan khusus untuk menyelidiki Clinton Foundation. Trump menduga pendonor yang menyalurkan dananya ke Clinton Foundation mendapat perlakuan khusus dari Departemen Luar Negeri saat berada di bawah kepemimpinan Hillary Clinton.

Trump menuding mantan Presiden Bill Clinton dan istirinya, Hillary, telah mengubah badan amal Clinton Foundation menjadi badan pay for play. Dengan begitu, badan itu menjalankan skema dimana donor yang kaya, asing, dan domestik, mendapat bantuan dari Departemen Luar Negeri selama Hillary Clinton menjadi diplomat negara dalam kurun waktu 2009-2013.

“Departemen Kehakiman harus menunjuk seorang jaksa khusus karena telah terbukti, sayangnya, menjadi perpanjangan tangan Gedung Putih. Tidak ada yang pernah melihat seperti ini sebelumnya,” kata Trump.

Pernyataan Trump ini muncul bersamaan kelompok pengawas konservatif, Judicial Watch, merilis dokumen Departemen Luar Negeri setebal 725 halaman. Dokumen itu termasuk beberapa contoh yang dikatakan mendapatkan perlakuan istimewa yang diberikan kepada pendonor atas permintaan eksekutif Clinton Foundation Douglas Band. (*)

BERITA REKOMENDASI