Trump Perlu Memperjelas Pandangannya Tentang Rusia

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA (KRjogja.com) – Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Donald Trump perlu memperjelas pandangannya tentang Rusia dan memahami bahwa NATO harus diperlakukan sebagai sebagai sebuah aliansi dengan nilai-nilai kebersamaan daripada sebuah bisnis. Hal tersebut dikatakan oleh Menteri Pertahanan Jerman, Ursula von der Leyen.

“Mudah-mudah penasihatnya akan memberitahu dia dan apa yang dia butuhkan untuk belajar adalah NATO tidak hanya bisnis. Ini bukan perusahaan. Saya tidak tahu bagaimana dia menghargai NATO,” kata Leyen.

Leyen pun menyarankan agar Trump tidak terlaku dekat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan mencatat bahwa NATO telah berdiri di samping AS setelah serangan 11/9. “Donald Trump telah mengatakan dengan jelas dari sisinya. Apakah ia di sisi hukum, perdamaian, dan demokrasi atau apakah ia tidak peduli dengan semua itu dan malah mencari teman terbaik (dengan Putin),” katanya.

Selama masa kampanye, Trump mengancam untuk meninggalkan sekutu AS di Eropa jika mereka tidak memberikan keuntungan. “Anda tidak bisa mengatakan ‘masa lalu tidak penting, nilai-nilai kita berbagi tidak penting’ melainkan mencoba untuk mendapatkan uang dari itu (NATO) dan apakah saya bisa mendapatkan kesepakatkan yang baik dari itu,” katanya kala itu. (*)

BERITA REKOMENDASI