Trump Pernah Berencana Bunuh Bashar al-Assad

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, dilaporkan sempat berniat membunuh Presiden Suriah, Bashar al-Assad, pada 2017, tetapi berhasil dicegah oleh Menteri Pertahanan AS saat itu, James ‘Jim’ Norman Mattis.

“Saya menganggap dia (Assad) jelas bukan orang baik, tapi saya punya kesempatan untuk menyingkirkannya jika saya mau dan Mattis menentangnya. Mattis menentang sebagian besar (rencana) itu,” ungkap Trump.

Dalam wawancara itu, Trump mengatakan bahwa dia tidak menyesali keputusan untuk tidak menargetkan Assad, dia mengatakan dia bisa hidup dengan cara itu. Pengungkapan tersebut mendukung pemberitaan yang muncul pada 2018, ketika jurnalis surat kabar The Washington Post, Bob Woodward, menerbitkan buku berjudul “Fear: Trump in the White House” dan saat itu dibantah oleh sang presiden.

Trump dilaporkan mempertimbangkan untuk membunuh Assad setelah Presiden Suriah itu melakukan serangan menggunakan senjata kimia terhadap warga sipil pada April 2017. Dalam buku yang ditulis Woodward, Trump menuturkan pasukan AS harus masuk dan membunuh Assad. (*)

BERITA REKOMENDASI