Trump Punya Solusi Korut, Apa Itu?

WASHINGTON, KRJOGJA.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan, hanya ada satu hal yang berhasil dalam menangani Korea Utara (Korut). Satu hal tersebut dinilai Trump tidak pernah dilakukan oleh presiden-presiden sebelum dirinya.

“Para presiden dan pemerintahan selalu berbicara mengenai Korea Utara selama 25 tahun. Perjanjian dibuat dan uang dalam jumlah banyak dibayarkan,” cuit Donald Trump lewat akun Twitter, mengutip dari Reuters, Minggu (8/10/2017).

“Tidak pernah berhasil, perjanjian dilanggar sebelum tinta di atas kertas mengering, membuat AS terlihat seperti negosiator yang bodoh. Maaf, tetapi hanya satu hal yang akan berhasil!” sambung kicauan tersebut.

Sayangnya, Presiden Donald Trump tidak menjelaskan lebih rinci maksud dari ‘satu hal’ tersebut. Akan tetapi, komentar-komentar itu seakan menandakan bahwa aksi militer sudah ada dalam benaknya dan siap untuk dijalankan.

Pria berusia 71 tahun itu sebelumnya pernah menyatakan di hadapan Sidang Majelis Umum PBB bahwa AS akan menghancurkan Korea Utara jika diperlukan untuk melindungi diri dan sekutunya. Indikasi tersebut semakin nampak melihat ucapan Trump saat pertemuan dengan pimpinan militer pekan lalu.

“Saat ini dalam keadaan tenang. Anda akan tahu nanti,” ujar Donald Trump kepada wartawan. Juru bicara Gedung Putih, Sarah Sanders, langsung mengatakan bahwa sang presiden merujuk kepada Iran dan Korea Utara saat melontarkan jawaban tersebut. (*)

BERITA REKOMENDASI