Trump Siap Pecat Penasihat Keamanan Amerika

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Presiden Donald Trump dilaporkan siap memecat Penasihat Keamanan Amerika Serikat, HR McMaster, dalam waktu dekat, tak lama setelah Rex Tillerson dilengserkan dari posisi Menteri Luar Negeri.Sejumlah sumber mengatakan dorongan untuk memecat penasihat keamanan itu semakin kuat setelah McMaster kerap kali berdebat dengan Trump selama beberapa bulan belakangan.

Seorang sumber dari Partai Republik mengatkaan bahwa Trump juga sudah beberapa kali mengutarakan kejengahan dia menghadapi perbedaan "gaya dan kepribadian" dengan McMaster. Di Gedung Putih, Trump bahkan kerap mencecar McMaster saat sedang menjelaskan sesuatu. Menurut salah satu sumber, Trump merasa McMaster kasar dan suka merendahkan.

Para sumber tersebut pun mengonfirmasi bahwa isu pemecatan McMaster sudah lama bergulir di Gedung Putih. Hingga akhirnya pada musim gugur lalu, Gedung Putih menggelar diskusi khusus untuk membahas kelanjutan karier McMaster.

Namun, dalam rapat itu pemerintah akhirnya memutuskan untuk tidak memecat McMaster dengan pertimbangan citra buruk Gedung Putih jika harus menunjuk penasihat keamanan nasional untuk ketiga kalinya setelah Trump menjabat Januari lalu. (*)

BERITA REKOMENDASI