Trump Siapkan Pemantau Awasi Pemilu Amerika

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Tim sukses kampanye Presiden Amerika Serikat Donald Trump berencana mengirim puluhan ribu pemantau pemilu ke negara-negara bagian. Pemantauan yang disebut sebagai operasi pengawasan pemungutan suara ini telah menimbulkan kekhawatiran dan memicu tuduhan dari kubu Partai Demokrat.

Penasihat umum kampanye Trump, Matthew Morgan, mengatakan, tim pemantau itu dikirim karena partainya ingin memastikan pemungutan suara berjalan lancar dan transparan.

Dia menyebut, rencana pemantauan ini akan memungkinkan partainya melindungi integritas pemilu dan mengoordinasikan operasi perolehan suara mereka dengan lebih baik.

“Partai Republik akan siap untuk memastikan pemungutan suara dijalankan dengan benar, aman, dan transparan saat kami bekerja untuk memberikan pemilu yang bebas dan adil yang layak diterima warga Amerika,” kata Matthew.

Rencana agresif ini telah memicu tuduhan bahwa Partai Republik bersiap untuk menekan pemungutan suara di negara-negara bagian utama karena Trump berulang kali mengklaim kecurangan akan membahayakan pemilihan pada November mendatang. Meski klaim tersebut dilontarkan Trump tanpa pernah disertai bukti pendukung. (*)

BERITA REKOMENDASI