Trump Ultimatum WHO

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, memberi peringatan kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam waktu 30 hari supaya lembaga tersebut melakukan perubahan kebijakan dan sikap, jika tidak

Ultimatum tersebut surat sebanyak empat halaman tersebut, Trump juga menuduh lembaga itu kerap melakukan kekeliruan dalam mengambil keputusan terkait penanganan pandemi virus corona (Covid-19).

“Pada dasarnya dalam surat tersebut saya meminta mereka (WHO) melakukan perubahan sikap. Mereka harus berusaha menjadi lebih baik. Mereka harus lebih adil terhadap seluruh negara, termasuk Amerika Serikat, atau kami tidak akan mau lagi terlibat dengan mereka. Dan kami akan melakukannya dengan cara kami,” kata Trump.

Secara terpisah, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, menyatakan akan berjanji lembaga itu akan terus melakukan perubahan, bertanggung jawab dan terbuka.

“Memeriksa dan belajar ada di dalam DNA WHO. Di pengujung hari yang paling berharga dalam hidup adalah perbuatan dan perkataan kita,” kata Tedros.

Kemarin Trump mencibir kebijakan WHO dalam menghadapi pandemi virus corona, dan menuduh lembaga itu hanya menjadi boneka China. Trump juga menolak berpidato di depan forum Majelis Kesehatan Dunia (WHA) secara telekonferensi. (*)

BERITA REKOMENDASI