Trump Unggul Tipis Atas Clinton

Editor: Ivan Aditya

CLEVELAND (KRjogja.com) – Capres Partai Republik Donald Trump di hadapan delegasi Konvensi Partai Republik (RNC) yang masih berlangsung di Cleveland, Ohio, mengatakan bahwa dirinya meski tak didukung sejumlah elit partainya, yakin bisa membereskan masalah Amerika, seperti imigrasi dan keamanan nasional.

Trump yang kini sudah resmi menjadi capres dari Partai Republik tersebut berjanji akan selalu memprioritaskan Amerika dalam kebijakannya. "Ini adalah kehormatan besar bagi saya untuk menjadi capres Amerika dari Partai Republik. Saya akan bekerja keras dan tidak akan membuat Anda kecewa! Amerika yang pertama!" ujarnya.

Pernyataan Trump ini menunjukkan bahwa jika dia berhasil mengalahkan capres Partai Demokrat Hillary Clinton, dia akan fokus mengurus masalah dalam negeri ketimbang luar negeri. Dia juga menambahkan bahwa kebijakan akan memprioritaskan warga biasa di AS, jadi bukan kalangan pengusaha dan lainnya.

Strategi ini bukan hal yang asing karena secara platform politik, Partai Republik lebih fokus mengurusi masalah domestik. Sementara Partai Demokrat, kendati fokus juga terhadap kebijakan di dalam negeri, tetapi aktif dalam menuntaskan masalah-masalah internasional. Ini pula bis amnejelaskan mengapa selama era Obama yang berasal dari Partai Demokrat tersebut, pemerintahannya aktif di setiap isu internasional, mulai dari masalah terorisme sampai perubahan iklim.

Keberhasilan Trump menjadi capres Partai Republik yang sebelumnya sempat diremehkan karena kerap membuat pernyataan kontroversial tersebut, telah membuat sejumlah kalangan, Trump bisa saja mengalahkan Clinton. Hasil sigi secara nasional menunjukkan Trump dan Clinton bersaing ketat untuk memperebutkan kursi nomor satu di Gedung Putih. Hasil jajak pendapat CNN menunjukkan bahwa 56 persen warga Amerika kemungkinan memilih Trump. (*)

BERITA REKOMENDASI