Tsunami Banten Menerjang, Pemimpin Dunia Berduka

SABTU 22 Desember 2018 sekitar pukul 21.00, pesisir pantai Selat Sunda menjadi saksi hantaman gelombang dahsyat, tsunami. Korban dan kerusakan meliputi 4 kabupaten terdampak yaitu di Kabupaten Pandeglang, Serang, Lampung Selatan dan Tanggamus.

Duka mendalam atas tragedi tsunami di Selat Sunda tak hanya dirasakan warga Indonesia, namun juga menyentuh hati masyarakat internasional, seperti dikutip dari DW, Senin (24/12/2018).

Kanselir Jerman Angela Merkel mengungkapkan belasungkawa tulus dari Jerman kepada masyarakat Indonesia lewat Presiden Joko Widodo atas musibah tsunami di Banten dan Lampung.

"Berita dan gambar dari Indonesia sangat menyedihkan. Kami ikut berduka dengan para keluarga korban dan berharap banyak orang dapat diselamatkan,“ demikian tertulis di akun Twitter tegas jurubicara pemerintah Jerman, Ulrike Demmer.

Melalui tulisan di akun Twitternya @MesutOzil1088, gelandang pemilik nomor punggung 10 tersebut menyampaikan rasa belasungkawanya dengan menggunakan bahasa Indonesia yang dibubuhkan emoticon bendera Merah Putih.

Sementara itu Perdana Menteri Australia, Scott Morrison menawarkan bantuan pada Indonesia. Di akun Twitternya @ScottMorrisonMP ia menulis: "Hari yang sangat sulit bagi teman-teman kita di Indonesia. Kami ikut berduka dengan semua yang kehilangan orang yang dicintai, yang terluka dan semua keluarga mereka. Seperti biasa, kami siap membantu sesuai kebutuhan."

Setali tiga uang dengan Australia, Negeri Jiran Malaysia pun ulurkan tangan. Wakil Perdana Menteri Malaysia, Wan Azizah Wan Ismail mengatakan negaranya siap membantu korban tsunami.

Tidak ketinggalan, Israel memenyampaikan simpati dan duka cita bagi korban tsunami. Disampaikan melalui juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel Emmanuel Nashhon melalui Twitter-nya.

“Rasa simpati yang mendalam kami sampaikan kepada seluruh orang yang terkena dampak tsunami dahsyat di Indonesia. Kami erharap seluruh korban terluka cepat pulih dan proses pencarian serta penyelamatan berjalan lancar," demikian unggahan belasungkawa dari Israel.(*)

BERITA REKOMENDASI