Tsunami Es Landa Amerika

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Tsunami es menerjang sejumlah wilayah di New York, Amerika Serikat. Fenomena ini dinamakan tsunami es lantaran terdapat gundukan es tinggi serupa tsunami yang membeku di sejumlah bibir pantai, sungai, dan danau di sekitar New York. Beberapa diantaranya seperti terjadi di tepian danau Ontario di utara New York, hingga sungai Niagara Park Way yang ada di perbatasan AS dan Kanada.

Gundukan tinggi ini terbentuk tiupan angin kencang yang membuat es yang ada di permukaan air di pantai, sungai, dan danau tertiup ke tepian dan menggunung. Fenomena ini disebut berkaitan dengan musim dingin ekstrem yang melanda sejumlah negara, termasuk AS.

'Tsunami es' yang menerjang area pantai Hoover di Hamburg, kota New York, diperkirakan dapat mencapai ketinggian 7 hingga 9 meter. Tinggi ini lebih dari empat kali tinggi orang dewasa. Fenomena ini bukan pertama kali terjadi, sebelumnya hal serupa pernah terjadi pada 1882.

Berdasarkan laporan para peneliti di masa itu, terjadi gundukan gunung di tanah yang terus menumpuk akibat angin yang meniup es yang menutupi permukaan danau-danau. Sejak 1825 dan seterusnya, fenomena gerakan danau es yang terdorong angin ini terus dilaporkan. (*)

BERITA REKOMENDASI