Tugas Rampung, Petugas Tetap Dampingi Jemaah Sakit di Arab Saudi

ARAB SAUDI, KRJOGJA.com – Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) sudah selesai bertugas di musim haji tahun ini. Kendati demikian, mereka tetap melayani jemaah haji Indonesia yang sakit dan dirujuk di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS).

"Tetap itu menjadi tanggung jawab kami selaku penyelenggara, nanti ada tim dari Klinik Kesehatan Haji Indonesia yang memantau kondisi pasien tersebut," kata Kepala Daerah Kerja Mekkah, Endang Jumali, di Mekkah, Selasa (11/9/2018).

Dengan pernyataan itu, ia menjamin untuk pendampingan petugas bagi jemaah yang sakit di luar masa tugas PPIH.

PPIH tahun ini akan selesai bertugas pada 27 September 2018. Terdapat kekhawatiran sejumlah jemaah yang sakit tidak akan dilayani lagi ketika petugas haji selesai bertugas.

Soal pemulangan jemaah sakit ke Indonesia, dia mengatakan, pemerintah akan mengurus evakuasi mereka melalui Kantor Urusan Haji (KUH) Indonesia di Jeddah.

Intinya, PPIH tidak akan lepas tangan begitu saja ketika ada jemaah yang masih dirawat tetapi di luar masa operasional petugas haji.

"Bentuknya sesuai dengan rekomendasi dokter kalau bisa terbang, ya kita terbangkan didampingi oleh petugas, tidak lepas begitu saja tetap menjadi tanggung jawab kita dalam pelaksanaan pemulangan jemaah haji," jelasnya.(*)

BERITA REKOMENDASI