Tunawisma Bisa Makan Gratis di Restoran Ini

ITALIA, KRJOGJA.com – Biasanya, para tamu di restoran "Modena", harus membayar 250 euro (Rp4 juta) untuk mencicipi hasil masakan koki Italia pemenang bintang Michelin, Massimo Bottura. Namun di restoran terbarunya di Milan, Italia, Massimo tidak mengutip satu sen pun.

Massimo menyajikan makanan untuk warga miskin, yang kebanyakan tunawisma, di restoran yang ia namai Refettorio Ambrosiano itu. Ia bahkan berencana membuka dua restoran serupa di Paris dan di Napoli, tahun depan.

Tamu-tamu kelas atas tidak diperbolehkan bersantap di restoran Massimo yang baru ini. Restoran-restoran itu akan menyajikan makanan gratis yang dimasak dari bahan-bahan makanan yang tersisa atau tidak terjual dari supermarket dan disajikan hanya untuk kaum papa.

Sekarang, dia berencana mengembangkan eksperimen kegiatan amalnya lebih jauh.

Bertempat di sebuah gedung teater tua di pinggiran kota, Refettorio memasak makanan gratis dari sisa-sisa toko, dengan menggunakan resep-resep kreasi Massimo dan para koki terkenal lainnya.

"Saya tidak pernah menganggap bahan-bahan ini adalah sampah," Massimo mengatakan kepada kantor berita Reuters.

"Saya selalu berpikiran remah-remah roti, tomat-tomat yang sudah terlalu matang, pisang-pisang berwarna kecoklatan adalah kesempatan bagi kita. Kesempatan untuk menunjukkan apa yang bisa kita buat dengan kreativitas kita." (*)

BERITA REKOMENDASI