Turki Coba Dekati Mesir

Editor: Ivan Aditya

TURKI (KRjogja.com) – Setelah kembali mesra dengan Rusia dan Israel, saat ini Turki sudah menunjukkan keinginannya untuk memperbaiki hubungan dengan Mesir. Hal tersebut disampaikan oleh Perdana Menteri Turki, Binali Yildirim.

Hubungan Turki-Mesir sebenarnya memburuk pada 2013. Tepatnya ketika Mesir sedang memanas akibat kudeta yang terjadi dan menyebabkan digulingkannya Mohammed Morsi dari jabatannya sebagai presiden yang akhirnya digantikan oleh Abdel Fattah al-sisi.

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan dengan tegas mengutuk usaha penggulingan tersebut. Bahkan, ia beberapa kali menunjukkan solidaritas kepada kelompok Ikhwanul Muslimin (kelompok ini sendiri dicap sebagai kelompok teroris oleh Mesir).

“Kami pikir (Turki) butuh untuk mengembangkan hubungan ekonomi dan budaya dengan Turki, mengingat kedua negara menggunakan dua sisi dari Mediterania,” ujar Yildrim.

Namun, ia juga mensinyalirkan bahwa hubungan kedua negara akan melalui proses panjang agar bisa kembali terjalin dengan baik. Yildirm menambahkan walaupun melalui proses panjang, tapi perbaikan hubungan Turki-Mesir sudah harus dimulai. (*)

BERITA REKOMENDASI