Turki Identifikasi Saksi Kunci Pembunuh Khashoggi

Editor: Ivan Aditya

TURKI, KRJOGJA.com – Otoritas Turki dikabarkan berhasil mengidentifikasi tokoh kunci lain dalam pembunuhan Jamal Khashoggi, di dalam konsulat Arab Saudi di Istanbul pada 2 Oktober lalu. Kolumnis Surat Kabar Hurriyet, Abdulkadir Selvi mengatakan tokoh kunci itu diketahui bernama Ahmed Abdullah al-Muzaini. Dia disebut berperan sebagai penghubung dalam pembunuhan tersebut.

Muzaini konon adalah agen intelijen yang ditempatkan di konsulat Saudi. Dalam artikelnya, Selvi menggambarkan Ahmed sebagai penghubung dalam seluruh komunikasi yang terkait dengan pembunuhan Khashoggi.

"Sejak momen pertama Khashoggi memasuki gedung konsulat Saudi untuk pertama kalinya, operasi (pembunuhan) diatur oleh Muzaini. Dia terbang ke Riyadh pada 29 September dan bertemu Wakil Kepala Intelijen Saudi Ahmed al-Asiri, yang membentuk tim pembunuh Khashogi," papar Selvi.

Selvi mengatakan setelah merampungkan rencana pembunuhan Khashoggi bersama Asiri di Riyadh, Muzaini kembali ke Istanbul pada 1 Oktober lalu. "Muzani lalu keluar Turki pada 2 Oktober sekitar pukul 09.35 waktu lokal, beberapa jam setelah pembunuhan berlangsung."

Pembunuhan Khashoggi masih menjadi teka-teki besar bagi Turki, di mana kepolisian masih belum mengetahui keberadaan jasad Khashoggi yang disebut telah dimutilasi dan dihancurkan oleh cairan asam. Meski sempat membantah, Saudi akhirnya mengakui bahwa Khashoggi tewas di dalam gedung konsulatnya. (*)

BERITA REKOMENDASI