Turki Tangkap Mantan Tentara Inggris

Editor: Ivan Aditya

TURKI, KRJOGJA.com – Seorang mantan tentara Inggris yang pergi ke Suriah untuk memerangi ISIS telah ditangkap di Turki. Ia ditangkap karena bergabung dengan milisi Kurdi Suriah, YPG, saat memerangi ISIS.

Joe Robinson, yang dulu tinggal di Accrington, Lancashire, ditahan bersama dengan pacarnya dan ibunya saat ketiganya sedang berlibur. Sementara dua wanita tersebut telah dibebaskan, Robinson yang berusia 23 tahun masih dalam tahanan.

Robinson diketahui bertempur bersama Unit Perlindungan Rakyat Kurdistan Suriah (YPG) saat melawan kelompok teror ISIS. Otoritas Turki menganggap YPG adalah kepanjangan tangan dari Partai Pekerja Kurdi (PKK) yang memperjuangkan otonomi Kurdi di Turki.

Bekas tentara Inggris Joe Robinson berfoto bersama teman-temannya saat bergabung dengan milisi YPG ketika memerangi ISIS "Sayangnya, Joe tengah berlibur ke Turki tidak menyadari keadaan," kata kelompok Kampanye Solidaritas Kurdi.

Kabar penahanan Robinson ini pun telah sampai ke telingan pemerintah Inggris.  "Kami mengetahui penahanan seorang warga Inggris di Turki dan telah meminta akses konsuler." (*)

BERITA REKOMENDASI