Turki Tolak Gencatan Senjata

Editor: Ivan Aditya

TURKI, KRJOGJA.com – Meski Amerika Serikat meminta untuk menghentikan gempuran di utara Suriah, Presiden Recep Tayyip Erdogan memastikan bahwa Turki tidak akan pernah mendeklarasikan gencatan senjata dalam perlawanan terhadap kelompok Kurdi di kawasan tersebut.

"Mereka menyuruh kami mendeklarasikan gencatan senjata. Kami tidak akan mendeklarasikan gencatan senjata," ujar Erdogan.

Pernyataan ini dilontarkan ketika Wakil Presiden AS, Mike Pence, bersama Menteri Luar Negeri Mike Pompeo bersiap bertolak ke Turki untuk mendesak pendeklarasian gencatan senjata di utara Suriah.

"(Pence) akan menyuarakan komitmen AS untuk mencapai gencatan senjata segera dan menetapkan syarat untuk negosiasi selanjutnya," demikian pernyataan kantor Pence.

Pence dijadwalkan bertemu dengan Erdogan pada Kamis (16/10/2019), di mana AS akan melontarkan ancaman "sanksi ekonomi" terhadap Turki sampai resolusi tercapai.

Namun, Erdogan menyatakan bahwa Turki tidak akan bisa menghentikan perlawanan di utara Suriah selama Kurdi yang mereka anggap sebagai teroris masih berkeliaran di daerah perbatasan negara mereka. (*)

BERITA REKOMENDASI