Turnamen Pencak Silat Tingkat Eropa Digelar di Belanda

Editor: KRjogja/Gus

DEN HAAG, KRJogja.com – KBRI Den Haag bekerja sama dengan Federasi Pencak Silat Belanda atau  Nederlandse Pencak Silat Federatie (NPSF) mengadakan Turnamen Pencak Silat tingkat Eropa di Sportcampus Zuiderpark Den Haag tanggal. Pencak Silat European Open 2019 diselenggarakan Sabtu – Minggu (12-13/10) dan dibuka Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda  I Gusti Agung Wesaka Puja.

 “Penyelenggaraan kejuaraan ini merupakan wujud komitmen nyata KBRI Den Haag dalam mempromosikan seni pencak silat Indonesia ke dunia internasional. Kegiatan ini sejalan dengan rencana Pemerintah Indonesia untuk membawa pencak silat ke Olimpiade 2028,” tandas Dubes Puja melalui siaran pers yang diterima KRJogja.com, Senin (14/10). Untuk itu, lanjutnya,  KBRI Den Haag mendukung penuh kegiatan ini dan merasa bangga bahwa Belanda menjadi tuan rumah dalam turnamen Pencak Silat European Open 2019.

Disebutkan, melihat animo,  semangat dan demam pencak silat di Eropa melalui turnamen ini,pihaknya optimis pencak silat akan semakin digemari dan semakin mendunia ke depan. “Diharapkan, usaha membawa pencak silat ke Olimpiade akan didukung  banyak negara". Dubes Puja menegaskan
Presiden Federasi Pencak Silat Belanda Olivier Blancquaert dalam sambutannya menyatakan terima kasihnya kepada KBRI Den Haag atas dukungan penyelenggaraan turnamen ini. Tanpa dukungan KBRI Den Haag kegiatan ini tidak akan dapat terselenggara. Rasa terima kasih juga disampaikan kepada Aidinal Alrashid selaku Presiden Pencak Silat Eropa serta kepada para peserta dan pelatih yang datang dari berbagai penjuru Eropa dan ikut menyukseskan kejuaraan Pencak Silat European Open 2019.

Turnamen Pencak Silat European Open 2019 diikuti 25  perguruan silat Eropa yang berasal dari berbagai negara antara lain: Belanda, Belgia, Perancis, Jerman, Inggris, Rusia, Swiss, Italia, Azerbaijan, dan Turki. Sebelum turnamen Pencak Silat European Open 2019 dimulai, acara diawali dengan pertunjukan silat  Perguruan Merpati Putih dan Perguruan Setia Hati Terate yang menampilkan jurus-jurus indah dan memukau para penonton. Selain dimeriahkan tari daerah, serta pembukaan gelanggang dilakukan  Perguruan Sedulur Budi Asli dilanjutkan pemukulan gong sebanyak tiga kali oleh Dubes Puja.
 

 

 

BERITA REKOMENDASI