Twitter Blokir Akun Sebar Hoax Vaksin Covid-19

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Twitter menyikapi serius akun-akun yang menyebarkan hoax terkait vaksin Covid-19. Setelah memperketat dengan memberi tanda pada akun yang menyebar informasi salah, media sosial itu juga tak segan-segan memblokir akun selamanya. Sebelum diblokir permanen, Twitter akan memberlakukan lima kali teguran kepada pengguna yang melanggar aturan.

Label yang disematkan di postingan twitter mirip dengan tanda misinformasi sebelumnya. Namun ini lebih detail dengan tautan informasi yang relevan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Twitter sendiri memiliki kriteria khusus untuk melabeli informasi yang menyesatkan. Tetapi secara umum Twitter memiliki lima kategori informasi hoax atau menyesatkan.

Pada satu cuitan berbahaya yang dilabeli Twitter pada akun pengguna, terhitung sebagai teguran pertama. Jika Twitter menentukan informasi salah dan sangat berbahaya yang dapat memicu konspirasi terkait vaksin SARS-CoV-2 perusahaan juga dapat menghapus cuitan tersebut, yang dihitung sebagai peringatan kedua. (*)

BERITA REKOMENDASI