Ukraina Anggap Sikap Rusia Bentuk Agresi

Editor: Ivan Aditya

UKRAINA, KRJOGJA.com – Presiden Ukraina, Petro Poroshenko, menyebut Rusia melakukan agresi baru selepas Moskow menahan tiga kapal angkatan lautnya ketika melewati Laut Hitam. Poroshenko mengatakan insiden yang terjadi di Laut Azov dekat Semenanjung Krimea itu menunjukkan arogansi dan keinginan terbuka untuk berkonflik.

"Setelah penyerangan terhadap kapal militer Ukraina, (Rusia) telah meluncurkan agresi fase baru," ucap Poroshenko.

Menurutnya, perubahan situasi ini terjadi karena Rusia sebelumnya menolak tudingan bahwa personel militernya terlibat dalam konflik Ukraina. Penahanan tersebut bermula ketika dua kapal AL Ukraina berukuran kecil dilengkapi meriam yang mengawal sebuah kapal tunda melintas di Laut Hitam dekat Semenanjung Krimea.

Angkatan Laut Rusia lantas siaga dan memblokir perairan dengan menempatkan kapal tanker dan kapal penjaga pantai di perairan itu. Rusia menyatakan kapal Ukraina berkeras melintasi perairan itu dan mengabaikan peringatan dari pihaknya.

Penjaga pantai Rusia melepaskan tembakan ke arah kapal Ukraina dan melukai sejumlah pelaut. Namun, menurut Ukraina, Rusia menembaki kapal setelah mereka memutuskan untuk putar balik. (*)

BERITA REKOMENDASI