Ukraina Culik Dua Prajurit Rusia

Editor: Ivan Aditya

RUSIA (KRjogja.com) – Dua orang tentara Rusia dilaporkan telah diculik oleh otoritas keamanan Ukraina di wilayah Crimea. Keduanya saat ini dikabarkan sudah dibawa ke wilayah Ukraina untuk menjalani peradilan.

Penculikan kedua tentara Rusia ini dibenarkan oleh pihak Kementerian Pertahanan Rusia. Kedua tentara itu diidentifikasi sebagai Maksim Odintsov dan Aleksander Baranov.

Menurut seorang sumber di Kemhan Rusia, kedua tentara itu dijebak sebelum akhirnya dibawa oleh otoritas keamanan Ukraina. Kedua tentara Rusia itu digiring dengan iming-imingi beasiswa penuh di Universitas Ukraina, oleh seorang yang dibayar oleh otoritas keamanan Ukraina.

“Personel Layanan Keamanan Ukraina melalui perantara memikat Odintsov dan Baranov dengan memberi mereka dokumen bersertifikat yang mengkonfirmasikan mereka memperoleh pendidikan tinggi di Universitas Ukraina,” kata sumber itu.

“Keduanya ditangkap pada 20 November dan dibawa melintasi perbatasan ke wilayah Mykolaiv di Ukraina dengan tujuan yang jelas, yakni untuk menghukum mereka,” sambungnya.

Sementara itu, Kemhan Rusia dalam sebuah pernyataan mendesak Kiev untuk mengembalikan Odintsov dan Baranov. Kemhan Rusia menyebut penculikan itu sebagai sebuah tindakan provokasi yang mencolok.

Kementerian itu juga memperingatkan, pihak berwenang Ukraina bisa menggunakan tekanan psikologis dan fisik untuk memaksa prajurit Rusia mengakui kejahatan yang dituduhkan kepada mereka. (*)

BERITA REKOMENDASI