Ultah ke 90, Fidel Castro Kritik Obama

HAVANA (KRjogja.com) – Dalam perayaan hari ulang tahunnya (HUT), Fidel Castro muncul ke depan publik dan mengkritik Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama. Dalam kesempatan ini, ia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh warga Kuba yang telah memberikan ucapan selamat atas HUT ke-90 Castro.

“Terima kasih yang mendalam (kepada warga Kuba) untuk rasa hormat, salam dan pujian yang saya terima dalam beberapa hari terakhir. Itu semua memberi saya kekuatan untuk membalas dengan ide-ide yang akan saya kirim ke militan partai dan organisasi terkait,” ujar Fidel Castro.

Kritik Castro ini disampaikan melalui surat terbuka yang dipublikasikan di media milik pemerintah di Kuba pada Sabtu 13 Agustus. Dalam acara HUT Castro, warga Kuba menggelar pertunjukan musik khusus untuknya. Acara ini berlangsung meriah dan disiarkan secara langsung oleh jaringan televisi nasional Kuba. Demikian sebagaimana dilansir Fox News, Minggu (14/8/2016).

Dalam acara ini, Castro ikut hadir menyaksikan pergelaran musik, tapi ia tidak berbicara. Ini adalah kemunculan pertama kali Castro ke publik semenjak April 2015 lalu. Tokoh kharismatik Kuba itu duduk bersebelahan dengan Presiden Raul Castro dan Presiden Venezuela Nicolas Maduro. Sementara di sekelilingnya terlihat sejumlah petinggi militer.  

Pada kesempatan ini, Castro mengkritik sikap Presiden AS Barack Obama saat melakukan kunjungan ke Jepang. Dalam pidato di hadapan warga Jepang, Obama tidak sedikitpun mengucapkan permintaan maaf. Bahkan, Castro menyebut pidato Obama pada Mei lalu itu sebagai pidato yang lemah. (*)    

 

BERITA REKOMENDASI