Uni Eropa Gandeng ASEAN Luncurkan Proyek Kerja Sama Pembangunan

“Dengan peluncuran ini, Uni Eropa dan ASEAN menunjukkan komitmen kuat mereka untuk meningkatkan kemitraan dan kerja sama meskipun terjadi pandemi virus Corona, yang menghasilkan ketidakpastian ekonomi global.”

“Di masa-masa sulit ini, kami menunjukkan bahwa kerja sama, bukan isolasi, adalah jalan untuk mengatasi tantangan mendesak saat ini termasuk perubahan iklim dan pandemi virus Corona,” kata Igor Driesmans.

Sebagai tanggapan langsung terhadap pandemi global virus Corona, Uni Eropa telah memobilisasi paket “Tim Eropa” yang berjumlah lebih dari 800 juta euro untuk membantu ASEAN dan negara-negara anggotanya dalam mengatasi segera krisis kesehatan, dan memperkuat sistem kesehatan, air dan sanitasi, serta mengurangi dampak sosial-ekonomi.

Pada acara ASEAN-EU Cooperation and Scholarships Day, perwakilan dari Uni Eropa, ASEAN, dan negara-negara anggotanya berpartisipasi dalam pameran dan memberikan kesempatan untuk belajar di luar negeri serta beasiswa yang tersedia, mulai dari program sarjana hingga pascasarjana dan doktoral.

Proyek kerja sama pembangunan Uni Eropa-ASEAN juga memperlihatkan kegiatan mereka. Karena situasi pandemi Virus Corona saat ini dan terkait dengan peraturan kesehatan masyarakat, ASEAN-EU Cooperation and Scholarships Day tahun ini berlangsung secara virtual selama dua hari (Kamis, 13 dan Jumat, 14 Agustus).

Pameran virtual ini menarik 2.027 pendaftar yang sebagian besar terdiri dari anak-anak muda di ASEAN dan 22 peserta pameran yang menyediakan berbagai informasi program beasiswa yang tersedia di ASEAN dan Uni Eropa.(*)

BERITA REKOMENDASI