Uni Eropa Tolak Usulan Damai Palestina – Israel

Editor: Ivan Aditya

INGGRIS, KRJOGJA.com – Uni Eropa menyatakan tetap menolak peta perdamaian Israel-Palestina yang diusulkan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Mereka menyatakan mempermasalahkan rencana Israel untuk mencaplok seluruh wilayah yang dijajah di Tepi Barat sejak 1967.

“Usulan AS menyimpang jauh dari kesepakatan internasional. Untuk membuat perjanjian damai yang bisa bertahan lama, sejumlah masalah yang penting harus diselesaikan oleh kedua belah pihak. Hal ini termasuk soal masalah yang terkait dengan perbatasan, status Yerusalem, keamanan hingga status pengungsi,” kata Kepala Hubungan Luar Negeri Uni Eropa, Josep Borrell.

Uni Eropa, menurut Borrell, tetap berpegang teguh kepada kesepakatan ‘solusi dua negara’ berdasarkan garis pembagian pada 1967. Dia juga membuka kemungkinan tukar guling lahan antara Israel dan negara Palestina di masa mendatang.

Terkait pernyataan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk mencaplok seluruh wilayah Tepi Barat, Borrell menyatakan Uni Eropa tidak sepakat.

“Kami sangat prihatin atas pernyataan tentang niat untuk mencaplok Lembah Yordania dan sejumlah lokasi di Tepi Barat. Seluruh langkah untuk mencaplok tidak akan bisa lolos tanpa gugatan,” kata Borrell. (*)

BERITA REKOMENDASI