Untuk Lindungi ABK di Kapal Asing, Indonesia Bakal Ratifikasi C188

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) mengaku siap melakukan ratifikasi pada Work in Fishing Convention atau C188. Ini mengingat tenaga kerja Indonesia di kapal asing sangatlah besar.

C188 merupakan satu-satunya konvensi internasional yang mengatur perlindungan dan standar kondisi kerja yang layak bagi pekerja di kapal pencari ikan. Konvensi ini kembali menjadi sorotan setelah ada kasus perbudakan dan pelarungan yang terjadi pada ABK Indonesia di kapal asal China pada 2020.

Kemlu kembali menegaskan komitmenya untuk meratifikasi konvensi tersebut pada seminar “Peluang dan Tantangan Ratifikasi C188 (Work in Fishing Convention)” yang diselenggarakan secara virtual

“Selama tahun 2020 Kementerian Luar Negeri RI dan Perwakilan RI telah memfasilitasi pemulangan lebih dari 27 ribu anak buah kapal Indonesia yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Ini adalah buah dari kerja sama dan komunikasi intensif dengan berbagai pihak di dalam dan di luar negeri,” ujar Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler, Duta Besar Andy Rachmianto seperti dilaporkan situs Kemlu, Jumat (5/3/2021).

BERITA REKOMENDASI