Usai 6 Bulan Lockdown, Masjidil Haram Kembali Kedatangan Jemaah Umrah

ARAB SAUDI, KRJOGJA.com – Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi, kembali menyambut kelompok jemaah umrah untuk pertama kalinya di tengah pandemi COVID-19 pada Minggu 4 Oktober 2020 pagi waktu setempat, setelah lebih dari enam bulan vakum –kecuali di masa Haji.

Lebih dari 1,8 miliar umat Muslim dari seluruh dunia yang bersuka cita masuk ke dalam antrean jemaah yang diperbolehkan memasuki masjid tersebut setelah mendaftar melalui aplikasi Eatmarna yang dikelola oleh Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, Arab News melaporkan, dikutip dari Antara, Minggu (4/10/2020).

Sebelumnya, Arab Saudi mengambil keputusan untuk mencegah penularan COVID-19 dengan menangguhkan ibadah umrah dan ibadah harian di masjid-masjid, termasuk Masjidil Haram, sejak pertengahan Maret 2020.

Kerajaan Arab Saudi juga menutup penerbangan internasional dan memberlakukan aturan karantina wilayah sebagai langkah pencegahan wabah lainnya.

Kini, untuk mengakomodasi 6.000 jemaah saja per hari, Kementerian Haji dan Umrah telah menyiapkan lima titik temu, antara lain Al-Gaza, Ajyad, dan Al-Shasha, di mana para jemaah akan bertemu dan bergabung dengan petugas medis di dalam bus menuju Masjidil Haram.

BERITA REKOMENDASI