Usai Pukuli Asisten Rumah Tangga, Dubes Dipecat

Editor: Ivan Aditya

FILIPINA, KRJOGJA.com – Presiden Rodrigo Duterte memecat seorang duta besar Filipina untuk Brasil, Marichu Mauro setelah wajahnya terlihat dalam rekaman video pelecehan fisik terhadap seorang staf asisten rumah tangganya.

Duterte mengatakan telah menyetujui rekomendasi untuk mencabut Mauro. Keputusannya juga termasuk mencabut tunjangan pensiun dan mencoret nama Mauro dari jabatan publik seumur hidup.

Mauro telah dipanggil kembali pulang ke Filipina dari Brasil pada Oktober lalu. Pemanggilan tersebut menyusul beredarnya rekaman video dari kamera keamanan di kediaman dubes Filipina di Brasilia.

Kantor berita Brasil mewartakan seorang perempuan menyerang seseorang yang tampak seperti penjaga rumah di kediaman dubes. Perempuan yang menyerang itu diduga sebagai Mauro. Departemen Luar Negeri mengatakan saat itu korban tak dikenal telah kembali ke Filipina dan berusaha menghubunginya di tengah proses penyelidikan.

Sejauh ini Mauro belum secara terbuka mengomentari tuduhan kekerasan fisik yang dilakukannya terhadap seorang asisten rumah tangga. (*)

BERITA REKOMENDASI