USS Nimitz Mulai Beroperasi di Laut China Selatan

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – Kapal induk Amerika Serikat kembali menggelar latihan perang di Laut China Selatan. Ini merupakan kali kedua dalam bulan Juli kapal Angkatan Laut AS dikerahkan ke perairan yang disengketakan itu.

Kapal induk USS Ronald dan USS Nimitz yang mengangkut lebih dari 12.000 personel militer telah beroperasi Laut China Selatan, Jumat (17/07/2020). Mereka turut dikawal oleh kapal penjelajah dan kapal perusak.

Armada Pasifik AS mengatakan kedua kapal induk yang menampung lebih dari 120 pesawat itu sedang melakukan latihan pertahanan udara taktis untuk kesiapsiagaan perang. “Dua kapal induk berlatih dalam level kesiapan tinggi untuk memastikan kekuatan dalam menghadapi segala kemungkinan,” bunyi pernyataan Armada Pasifik.

AS sebelumnya mengerahkan USS Ronald dan USS Nimitz ke Laut China Selatan pada 4 Juli. Itu merupakan yang pertama sejak 2014, dan yang kedua setelah 2001.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian mengatakan latihan itu dilakukan sepenuhnya karena motif tersembunyi dan merusak stabilitas di wilayah itu. “AS sengaja mengirim pasukan besar-besaran untuk melakukan latihan militer berskala besar di perairan Laut Cina Selatan untuk memamerkan kekuatannya,” kata Zhao. (*)

BERITA REKOMENDASI