USS Theodore Roosevelt, Nimitz dan Ronald Reagan Tiba di Pasifik, Siap Perang Lawan China

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Tiga kapal induk Amerika masing-masing USS Theodore Roosevelt, Nimitz dan Ronald Reagan telah tiba di perairan Pasifik. Pengiriman tiga kapal induk ini menjawab respon China setelah dua negara ini terlibat ketegangan.

Upaya ini dilakukan AS untuk meningkatkan kritik terhadap respons Beijing terhadap wabah virus corona. Selain itu, juga tindakan China untuk memaksakan kendali lebih besar atas Hong Kong, dan manuver militer mereka di Laut China Selatan.

Pengerahan ini juga menandai bahwa Angkatan Laut AS tidak lagi terhambat oleh wabah virus corona. Angkatan Laut AS diduga khawatir dunia meragukan kemampuan militer mereka, oleh karena itu, AS memutuskan mengirim kapal induk ke wilayah Pasifik Barat.

Pihak Beijing menganggap ini sebagai provokasi Amerika terhadap China. “Tiongkok pasti akan menggambarkan ini sebagai contoh provokasi, dan sebagai bukti bahwa AS adalah sumber ketidakstabilan di wilayah tersebut,” kata Direktur Proyek Tenaga China di Pusat Studi Strategis dan Internasional Bonnie Glaser.

Akhir Mei lalu Pasukan Pembebasan Rakyat (PLA) atau militer China dilaporkan mengusir kapal perang AS yang menerobos masuk ke Kepulauan Xisha atau Paracel di Laut China Selatan. (*)

BERITA REKOMENDASI