Usulan Perpanjangan Embargo Iran, Indonesia Abstain

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Indonesia memilih tidak menentukan sikap alis abstain dalam pemungutan suara perpanjangan resolusi Amerika tentang embargo ekonomi terhadap Iran.

Direktur Keamanan Internasional dan Perlucutan Senjata Kementerian Luar Negeri RI Grata Endah Werdaningtyas, Indonesia mengambil posisi abstain karena menilai rancangan resolusi yang diajukan AS tidak sejalan dengan Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) atau dikenal dengan kesepakatan nuklir Iran.

Bagi Indonesia, implementasi Resolusi DK PBB 2231 dan JCPOA secara menyeluruh merupakan satu-satunya cara yang efektif dalam memastikan program nuklir Iran hanya untuk tujuan damai,” kata Grata seperti mengutip Antara.

Duta besar PBB untuk China Zhang Jun mengatakan hasil pemungutan suara menunjukkan bahwa uniteralisme tidak mendapat dukungan. Setelah mendapat penolakan, AS akan menindaklanjuti langkahnya dengan secara sepihak memicu kembali semua sanksi PBB Terhadap Iran dengan menggunakan ketentuan dalam perjanjian nuklir (snapback). (*)

BERITA REKOMENDASI