Utang Trump Mencapai Rp 4 Triliun

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Presiden Donald Trump memiliki hutang pribadi sebesar US$315,6 juta (sekitar Rp4,6 triliun) ke peminjam dari Jerman, AS dan sejumlah negara lain. Jumlah hutang hingga pertengahan 2017 ini terungkap lewat formulir pelaporan keuangan federal yang dirilis oleh Kantor Etika Pemerintah AS.

Trump sebelumnya menolak mengumumkan laporan pajak, yang bisa lebih jelas memperlihatkan kekayaan pribadi dan kepentingan bisnisnya. Namun dia memasukkan formulir laporan kekayaan yang meliputi pendapatan, aset dan hutang yang dimilikinya beserta seluruh anggota keluarga.

“Presiden Trump menyambut baik kesempatan untuk secara sukarela mengajukan formulir laporan keuangan pribadinya,” ujar pernyataan tertulis Gedung Putih yang menambahkan bahwa formulir itu “disertifikasi oleh Kantor Etika Pemerintah melalui prosedur yang umum.”

Seorang juru bicara Kantor Etika Pemerintah menolak memberi komentar terkait isi laporan itu dan hanya mengatakan formulir itu telah disertifikasi oleh Kantor yang merupakan pengawas etika bagi pegawai pemerintah federal AS. (*)

BERITA REKOMENDASI